Cara Mudah Mengaktifkan USB OTG di SAMSUNG GALAXY A5

Cara aktifkan otg samsung a5 ternyata cukup mudah, yang anda perlukan hanya Kabel USB OTG kemudian anda buka File Manager. Jika tidak ada file manager/file explorer anda dapat download aplikasinya disini. Lalu anda cari perangkat UB OTG yang ada di dalam memori samsung a5 dengan nama REMOVABLE/USBDisk1 dan di dalamnya telah tersedia berupa Folder OTG. Disana juga anda bisa memindahkan atau menyalin file ke memori internal.








Jika pengaturan otg samsung a5 diatas telah anda lakukan, berikutnya cara koneksi otg samsung a5 yang teruji sejak tahun 2015 hingga 2017 yakni Silahkan anda masuk ke dalam Menu Settings, pilih Storage, lalu klik Unmount Eksternal Storage yang ada di dalam USB Storage Hp samsung a5. Tunggu prosesnya hingga selesai, lalu anda cabut USB. Dan selesai! Otg untuk samsung a5 ini benar-benar dilakukan tanpa aplikasi dan tanpa root.






Lalu kenapa samsung a5 tidak support otg yang sedang anda miliki sekarang, jawabannya anda belum mencoba cara lain sebagai berikut. Coba anda instal aplikasi USB OTG Helper yang dapat anda peroleh di Google Play Store. Silahkan lakukan instalasi sembari anda memasang kabel USB OTG ke ponsel samsung a5 anda. Jika terdapat pemberitahuan berupa USB Storage Has Been Connected, segera masuk ke aplikasi Es File Explorer yang telah instal tadi, kemudian masuk ke pilihan Lokal dan pilih USB Drive A. Maka anda pun dapat melihat semua penyimpanan yang ada di dalam Flashdisk anda.


Cara lain berupa setting otg samsung j2 yakni dengan menggunakan Kernel Boot yang support dengan perangkat samsung a5, pastikan bahwa ROM yang terpasang telah dalam keadaan di root dan terpasang Busy Box pada Folder. Pastikan pula ROM telah memiliki permission untuk anda jadikan USB Host. Setelah itu, anda bisa menggunakan Aplikasi Tasker ataupun Aplikasi Q5 USB Memory Manager. Nanti silahkan anda buat sebuah folder khusus dengan nama mnt/usbotg. Pilih menu profile dan klik simbol + setelah itu pilih state dan hardware.






Selanjutnya, akan muncul USB Connected pada layar smartphone samsung galaxy a5 anda, dan silahkan kembali ke menu utama dan pilih task baru misalkan USB Mount. Di halaman task edit silahkan klik + dan pilih Script dan Run Shell. Isi kolom command dengan script sbb mount<spasi>-t<spasi>vfat<spasi>/dev/block/sda<spasi>/mnt/usbotg. Lalu beri tanda checklist pada USB Root dan Proses pun selesai. Anda pun dapat menikmati USB OTG di smartphone samsung a5. Sekian Cara Mudah Mengaktifkan USB OTG di SAMSUNG GALAXY A5. Semoga Bermanfaat!