Menggunakan Fitur Kekinian NFC Di Produk Samsung Galaxy

Samsungtutorial.com - Cashless payment atau transaksi non tunai semakin hari semakin digemari oleh masyarakat kita. Mereka melihat dari segi praktis dan hemat waktu. Bahkan sebagian besar penyedia layanan cashless payment juga memberikan tawaran menarik seperti cashback, diskon, dan merchandise gratis untuk setiap transaksi non tunai yang digunakan. Hal ini membuat fitur NFC atau near field communication menjadi salah satu daya tarik dari sebuah ponsel.

Baca Juga :






Menggunakan Fitur Kekinian NFC Di Produk Samsung Galaxy


Orang-orang mulai notice keberadaan fitur kekinian NFC ini sesaat sebelum memutuskan membeli ponsel. Produsen ponsel pintar Samsung mobile pun tak mau kehilangan kesempatan dalam mengisi permintaan tinggi masyarakat akan kemudahan bertransaksi non tunai ini. Produsen ponsel dari negeri kimci ini pun menyematkan fitur NFC Samsung pada produk-produk terbarunya.

Manfaat Fitur NFC Samsung 

Pada awalnya, fitur NFC hanya bisa ditemukan pada ponsel pintar kelas premium. Samsung mobile pun membuat gebrakan baru dengan menyematkan fitur NFC Samsung pada ponsel kelas menengahnya.

Lalu, apa saja manfaat dari fitur NFC Samsung?

  1. Melakukan transaksi pembayaran yang aman bagi para pemilik ponsel yang telah mengaktifkan aplikasi Samsung Pay. Fitur NFC Samsung tidak akan bekerja saat Anda mendekatkan ponsel ke mesin pembayaran di sebuah gerai jika aplikasi Samsung Pay dalam ponsel Anda belum diaktifkan. 
  2. Memeriksa saldo e-money. Bagi Anda yang sering menggunakan uang elektronik untuk membayar tol, tiket MRT, TransJakarta, dan kopi pagi di sebuah gerai kopi dekat kantor, pasti sangat perlu untuk memeriksa isi saldo e-money sebelum Anda menggunakannya. 
  3. Menyambungkan dua gadget. Fitur NFC Samsung sangat bermanfaat dalam bertukar data antar ponsel, ponsel Samsung dengan perangkat audio, ponsel Samsung dengan printer, dan masih banyak lagi. Anda bahkan bisa berkirim data dari ponsel ke kamera DSLR dengan fitur NFC Samsung ini. 






Cara Mengaktifkan NFC 

Sebelum Anda menggunakan fitur NFC Samsung untuk kemudahan transaksi sehari-hari, Anda harus mengaktifkan NFC terlebih dahulu dengan cara:

  1. Masuk ke Settings. 
  2. Pilih More Settings. 
  3. Kemudian, pilih fitur NFC. 
  4. Selanjutnya, Anda bisa memilih Share & Connect. 
  5. Aktifkan fitur NFC dengan cara menggeser slider hingga ke posisi On. 

Mengecek Saldo E-Money

Beberapa produk kelas menengah Samsung seperti Samsung Galaxy A30s dan Samsung Galaxy A50s terasa menjadi ponsel kelas premium dengan kehadiran fitur NFC Samsung. Cara mengecek saldo e-money pun semakin praktis dengan adanya fitur kekinian yang canggih ini karena Anda tidak perlu memeriksa saldo ke mesin penyedia layanan. Anda cukup melakukan hal-hal sebagai berikut.

  1. Unduh aplikasi Cek Saldo di Play Store. Ikuti semua petunjuk pengisian formulir untuk mengaktifkan. 
  2. Ambil kartu uang elektronik Anda. 
  3. Masuk ke Settings. 
  4. Pilih Konektivitas. Lalu, pilih ikon NFC. 
  5. Tempelkan kartu e-money ke bagian belakang ponsel. Sistem otomatis fitur NFC Samsung pun akan memberikan informasi saldo terkini uang elektronik Anda dalam waktu sepersekian detik saja. 

Cashless Payment Dengan Fitur NFC Samsung

Untuk melakukan pembayaran item tertentu pada saat Anda sedang berada di swalayan, bandara, atau restoran, Anda bisa memanfaatkan fitur NFC Samsung dengan cara sebagai berikut.

  1. Buka Settings. 
  2. Pilih Connections. 
  3. Geser slider pada menu NFC and Payment hingga ke posisi On. 
  4. Dekatkan ponsel Samsung Anda ke perangkat pembayaran elektronik. Jarak maksimalnya sekitar 3 sampai 4 cm. 

Anda juga bisa mencetak foto dari ponsel yang memiliki fitur NFC Samsung ke printer laser yang juga memiliki NFC. Segalanya sangat udah dengan adanya fitur tersebut. Lalu, apa lagi yang bisa kita lakukan dengan fitur NFC Samsung ini?.

Baca Juga :







Sekian Penjelasan Mengenai Menggunakan Fitur Kekinian NFC Di Produk Samsung Galaxy. Semoga Bermanfaat!